8 Cara Membantu Bayi Belajar Berjalan

Saat berusia 4-15 bulan, bayi akan mulai belajar duduk dan berjalan mengelilingi rumah. Selama fase ini, orangtua bisa membantu bayi mendapatkan kepercayaan diri mulai melangkah. Inilah 8 tahapan untuk membantu bayi berjalan dengan mudah.

Tahap 1: Duduk (4-7 bulan)

Ketika si kecil mulai belajar duduk tanpa bantuan seseorang, itu artinya dia sedang berada pada tahap pertama untuk memperoleh keseimbangannya. Dengan duduk, otot-otot si kecil akan menjadi lebih kuat, sehingga hal ini akan membantunya saat belajar berjalan.

Selama bermain, Anda bisa menawarkan permainan susun-menyusun atau menggelindingkan bola ke depan dan ke belakang, untuk membantu si kecil memperkuat otot-ototnya.

Tahap 2: Merangkak (7-10 bulan)

Yang paling penting bagi bayi ketika berada di tahap merangkak adalah belajar menggerakkan lengan serta kakinya pada waktu bersamaan. Hal ini pun merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkannya ketika belajar berjalan.

Untuk itulah, Anda bisa membantunya belajar merangkak dari satu sisi ke sisi yang lain. Setelah itu, beri pujian agar bayi semakin bersemangat untuk belajar.

Tahap 3: Berdiri (8 bulan)

Saat otot-ototnya menjadi lebih kuat dan rasa ingin tahunya menjadi lebih besar, momen ini merupakan waktu memperkenalkannya dengan posisi berdiri. Bantu si kecil menarik tubuhnya ke atas.

Setelah itu, Anda pun perlu menunjukkan cara menekuk lututnya agar bisa kembali ke lantai. Dengan demikian, hal ini bisa meringankan risiko jatuh sewaktu ia mulai melangkah sendiri.

Tahap 4: Belajar Berjalan dengan Bantuan (8-9 bulan)

Saat bayi sudah bisa menarik diri dan memperoleh keseimbangan waktu menggenggam tangan Anda, bantulah dia melangkah. Hal tersebut bisa membuat si kecil lebih mudah untuk menuju fase berjalan berikutnya.

Selain itu, kepercayaan dirinya juga akan semakin meningkat dalam mengambil langkah-langkah pertama.

Tahap 5: Menjelajah (8-9 bulan)

Begitu menginjak usia 8- 9 bulan, bayi mulai menggunakan dinding serta perabotan untuk mengelilingi rumah. Fase ini disebut sebagai fase menjelajah. Untuk itu, Anda perlu memastikan keadaan rumah benar-benar aman. Selain itu, buatlah tempat berpijak yang lembut bagi si kecil.

Tahap 6: Berdiri Tanpa Bantuan (9-12 bulan)

Keseimbangan bisa dibilang menjadi bagian terpenting dari fase berjalan. Bila si buah hati bisa berdiri dan menyeimbangkan tubuhnya selama beberapa detik, ini akan membuat dia lebih percaya diri dalam belajar berjalan.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa permainan sederhana agar keseimbangan si buah hati semakin terlatih.

Tahap 7: Langkah Pertama (9-12 bulan)

Langkah pertama merupakan salah satu momen berharga bagi si kecil. Agar terasa semakin berkesan, buatlah sesuatu yang besar. Misalnya saja bersorak ketika dia mulai mendapatkan keseimbangan saat berjalan sendiri. Anda juga bisa mengawasinya dengan duduk di lantai dan membimbingnya.

Tahap 8: Berjalan (12-15 bulan) Mungkin diperlukan bimbingan beberapa langkah sebelum anak berhasil berjalan sendiri. Dorong buah hati Anda agar berlatih berjalan sebanyak mungkin. Selain itu, akan lebih baik bila Anda menempatkannya dalam posisi berdiri, daripada duduk. Dengan demikian si kecil bisa lebih semangat untuk berlatih berjalan.

Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*