Apa Saja, sih, Penyebab Bau Badan pada Wanita?

Bau badan sepertinya menjadi kondisi yang amat ditakutkan, apalagi para wanita. Sebab bau badan jelas membuat si penderitanya jadi tidak pede. Namun, pernahkah Anda merasa frustasi dengan masalah bau badan Anda—padahal, Anda telah berusaha untuk meminimalisir dan menghindari potensi-potensi tersebut dengan berbagai cara? Nah, mungkin beberapa penyabab bau badan ini yang menjadi sumber masalahnya.

Apa saja, sih, penyebab bau badan yang menimpa para wanita? Berikut beberapa faktornya:

  1. Hormon

Bagi wanita, hormon juga punya pengaruh terhadap timbulnya bau badan, terutama saat memasuki masa menstruasi. Kondisi hormon yang tidak menentu dapat berpengaruh pada keringat dan kemampuan dalam mengatasi suhu tubuh. Selain di area reproduksi, bagian tubuh lain juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan tubuh kamu, terutama saat menstruasi.

  • Gangguan Genetik

Ada beberapa faktor genetik yang menyebabkan timbulnya bau badan tak sedap. Salah satunya adalah trimethylaminuria. Penyakit genetik langka ini merupakan kondisi gangguan metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylamine. Senyawa tersebut tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga menimbulkan bau badan tak sedap, meskipun badan tidak dalam kondisi berkeringat. Bau badan jenis ini tidak dapat diatasi hanya dengan mandi dan membersihkan diri. Bahkan, dalam dunia medis sekalipun, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski hanya dialami oleh 1 dari 200 ribu orang, tapi rata-rata penderita penyakit genetik ini adalah wanita.

  • Pola Konsumsi Makanan

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang jadi pemicu timbulnya keringat dan bau badan, seperti daging merah, makanan yang mengandung kolin seperti hati ikan dan telur, bawang, alkohol, kafein, dan produk olahan susu. Saat kamu mengonsumsi berbagai produk tersebut, suhu tubuh akan meningkat dan memicu timbulnya keringat. Bakteri alami yang ada di tubuh akan menyerapnya dan melepaskan bau badan tak sedap. Untuk mencegah bau badan, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut dan usahakan untuk memperbanyak minum air putih atau sayuran hijau.

  • Faktor Medis

Terkadang, munculnya keringat berlebih merupakan tanda dari beberapa penyakit, seperti diabetes. Para penderita diabetes tingkat tinggi biasanya mengalami kesulitan dalam mengontrol gula darah. Untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Hasil proses tersebut akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Aktivitas Berlebih

Saat melakukan aktivitas fisik yang melelahkan, secara normal tubuh akan mengeluarkan keringat. Nah, sebenarnya berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Ketika suhu tubuh naik, jutaan kelenjar keringat akan diaktifkan dan keluar melalui pori-pori. Saat keringat menguap, suhu tubuh pun akan mendingin. Itu sebabnya kamu tidak bisa mencegah keringat keluar di saat udara panas. Pada dasarnya, keringat itu tidak berbau dan berwarna. Bau yang dihasilkan merupakan kontribusi dari bakteri yang menyerap keringat di tubuh. Supaya tubuh kamu tetap terjaga keharumannya, usahakan untuk menggunakan deodoran anti-perspirant sebelum beraktivitas. Kenakan juga pakaian yang menyerap keringat saat beraktivitas fisik seperti olahraga, ya.

Jika Anda telah mengetahui beberapa penyebab bau badan pada wanita, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah atau mengatasi masalah tersebut:

  • Salah satu tips untuk mencegah bau badan secara alami adalah mandi dengan teratur. Jika tubuh Anda sedang berkeringat lebih, mandi dua kali sehari.
  • Meningkatkan asupan air dalam diet Anda. Ini merupakan tips yang paling efektif untuk tetap sehat dan mencegah bau badan secara alami. Air mencairkan keringat sehingga dapat mengurangi bau badan.
  • Pastikan ketiak tetap bersih. Anda juga bisa menjaga kebersihan diri dan melindungi kulit dari infeksi dan penyakit.
  • Selalu mengeringkan ketiak Anda sebelum mengenakan pakaian. Hal ini mencegah kemungkinan munculnya keringat.
  • Campurkan sedikit baking soda ke dalam air mandi Anda. Bilas tubuh Anda dengan ramuan ini, khususnya pada ketiak. Kemudian bersihkan dengan handuk bersih.

***

Sebenarnya mudah saja, kok, untuk menjaga tubuh Anda tidak menguarkan bau tak sedap. Cukup hindari penyebab bau badan tersebut dan selalu pertahankan gaya hidup sehat. Anda bisa saja untuk menjaga kebersihan diri, seperti rajin mandi dan mengenakan pakaian bersih. Bisa pula dengan rutin mengonsumsi air putih dan sayuran hijau.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*