Pengobatan Alternatif untuk HIV dan AIDS

Terapi antiretroviral memang membawa harapan baru bagi orang yang hidup dengan HIV. Sayangnya, terapi ini tidak menawarkan obat serta memberikan efek samping dari pengobatan yang dilakukan. Itulah sebabnya, banyak orang yang positif terinfeksi HIV beralih ke pengobatan alternatif untuk upaya tambahan penanganan HIV. Sebagian pengidap benar-benar meninggalkan obat-obatan medis dan beralih pada pengobatan alternatif. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan pengobatan alternatif sebagai pelengkap bersamaan dengan pengobatan standar.

Pengobatan Alternatif HIV/AIDS

Pengobatan alternatif untuk HIV/AIDS mencakup banyak jenis terapi. Tujuan dari terapi ini adalah untuk

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Memberikan penanganan dari gejala dan efek samping obat
  • Meningkatkan kualitas hidup

Pada dasarnya, pengobatan alternatif merupakan mekanisme upaya penyembuhan yang melibatkan berbagai pendekatan holistik. Dengan kata lain, pengobatan ini menghubungkan mental, fisik, emosional, dan spiritual agar padu dalam menangani sebuah penyakit. Meskipun begitu, penting untuk dicatat bahwa pengobatan alternatif tidak disetujui oleh forum dokter atau diatur oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa contoh obat alternatif untuk AIDS dan HIV.

Sistem Medis Alternatif

Penanganan alternatif HIV/AIDS ini telah berevolusi secara terpisah dari pengobatan medis standar.

  • Obat homeopati yang merupakan pengobatan individual dengan menggunakan zat alami seperti mineral, vitamin, dan herbal. Pengobatan ini didasarkan pada prinsip bahwa zat ini dapat menyembuhkan saat diberikan dalam dosis kecil.
  • Obat naturopati menggunakan kekuatan penyembuhan alami di dalam tubuh untuk membantu menyembuhkan tubuh dari beragam penyakit serta bertahan agar tetap sehat.
  • Ayurveda adalah contoh sistem yang dipraktekkan terutama di berbagai negara lain di dunia. Pengobatan ini menekankan penggunaan tubuh, pikiran, dan semangat untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Terapi Fisik

Terapi fisik merupakan salah satu pengobatan alternatif yang berfokus pada tubuh dan indra untuk meningkatkan penyembuhan dan rasa sejahtera dalam tubuh. Terapi fisik ini dilakukan dalam bentuk latihan yoga, terapi pijat, akupuntur, dan chiropractic.

  • Yoga adalah latihan fisik yang dilakukan untuk memperbaiki sistem pernapasan, latihan peregangan, postur, hingga meditasi.
  • Terapi pijat dilakukan dengan melibatkan sentuhan dan gosokan pada jaringan tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan memperbaiki aliran darah.
  • Akupunktur dilakukan dengan menyisipkan jarum kecil ke area-area tertentu pada tubuh. Terapi fisik ini digunakan untuk meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, mengurangi nyeri saraf, bahkan mengurangi kecanduan.
  • Chiropractic adalah sistem manipulasi dan perawatan struktur tubuh, khususnya untuk bagian tulang belakang.

Terapi Pikiran-Tubuh

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan pikiran dan jiwa untuk membantu mengurangi rasa sakit, stres, dan efek samping lainnya. Caranya adalah dengan meditasi, visualisasi, dan humor.

  • Meditasi membantu menenangkan dan memfokuskan pikiran dan tubuh. Pada saat meditasi, pasien diharapkan mampu dengan baik melakukan pernapasan dalam.
  • Visualisasi menggunakan imajinasi untuk membantu Anda membayangkan berada di tempat yang aman dan santai untuk menenangkan hati dan pikiran.
  • Humor dan rekaman-rekaman motivasi adalah dua jenis teknik pikiran-tubuh lainnya yang dapat menenangkan hati dan jiwa agar berada dalam kondisi yang menyenangkan.

Terapi Biologis

Terapi biologis dilakukan dengan menggunakan zat yang ditemukan di alam untuk membuat tubuh lebih sehat.

  • Terapi herbal dilakukan dengan mengonsumsi beragam sumber alam dari tumbuhan yang berperan seperti obat-obatan dokter.
  • Suplemen diet adalah makanan atau zat dari makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, herbal, asam amino, atau enzim. Nutrisi ini berguna untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa infomasi seputar pengobatan alternatif untuk HIV/AIDS. Meskipun terdengar menjanjikan, perlu Anda ingat bahwa pengobatan ini tidak melalui penelitian yang komprehensif. Selain itu, pastikan juga biaya pengobatan alternatif termasuk dalam daftar yang ditanggung asuransi kesehatan. Pasalnya, kebanyakan dari pengobatan tersebut tidak masuk dalam daftar tanggungan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*