Tips Mendukung Tahapan Perkembangan Anak 16 Bulan

Balita berusia 16 bulan sudah mulai tumbuh giginya. Tetapi, meski terlihat deretan gigi mungil yang lucu, jangan sepelekan rasa sakit karena gigitan balita.

Di usia perkembangan anak 16 bulan, kadang mereka menjadikan gigi sebagai senjata untuk melawan siapapun yang mengganggunya. Bahkan, termasuk orangtua atau temannya.

Berikut ini beberapa tips mengatasi balita yang suka menggigit saat sedang marah atau kesal:

  • Jangan panik atau bertindak kasar jika anak Anda menggigit. Bisa dikatakan, dalam perkembangan anak 16 bulan, menggigit masih normal dan merupakan tanda balita sedang stres atau tertekan.
  • Biasanya, anak-anak 16 bulan menggigit ketika mereka menginginkan sesuatu, seperti mainan atau perhatian orangtua. Dengan mengetahui pemicu perilaku balita ini dapat menghindari situasi yang membuat anak menggigit.
  • Biarkan balita Anda tahu bahwa Anda memahami perasaan dan emosinya saat sedang kesal. Berempatilah dan katakan bahwa Anda bisa mengerti perasaannya, Anda bisa berkata, ”Wah, adik pasti kesal ya, mainannya rusak” atau “Adik marah ya kalau enggak dipinjami mainan?”. Memberikan nama emosi atau label perasaan akan membantu anak menemukan cara menyatakan apa yang ia rasakan ketimbang harus menggigit.

Perkembangan Anak 16 Bulan

Apabila saat bayi dahulu si kecil begitu gemuk dan montok, dalam perkembangan anak 16 bulan, badannya akan terlihat lebih kecil. Hal ini normal, mengingat anak begitu aktif sehingga jaringan lemak di dalam tubuhnya dimanfaatkan untuk bahan bakar energi.

Menjelang ulang tahun kedua anak akan mengalami:

  • Pertumbuhan yang lebih melambat. Dalam bulan – bulan pertamanya, bayi bisa mencapai pertumbuhan berat badan hingga 2 kg per bulan. Tetapi, kini anak hanya tumbuh sekitar 0,5-1 kg atau kurang dari itu.
  • Berat badan anak akan lebih kecil ketimbang saat masih bayi. Perut, wajah, lengan dan kakinya juga menjadi lebih ramping karena berjalan, berlari dan melompat.

Tips Mendukung Perkembangan Anak 16 Bulan

Untuk menangani balita yang suka menggigit, orangtua membutuhkan strategi khusus dalam perkembangan anak 16 bulan. Berikut di antaranya:

  • Saat anak menggigit, jangan bereaksi berlebihan. Katakan padanya dengan tegas, “menggigit itu sakit”. Terus ulangi pesan ini sampai anak memahaminya.
  • Jika digigit oleh teman, cuci bekas gigitan dengan air sabun hangat. Konsultasikan dengan dokter apabila lukanya menembus kulit.
  • Balita memperebutkan mainan karena belum belajar cara berbagi. Mainkan game yang tidak perlu berbagi, misalnya petak umpet atau berkejar – kejaran.
  • Perbanyak waktu anak bermain di luar rumah atau di taman, dengan pengawasan Anda.
  • Pantau perubahan si kecil di bagan pertumbuhan untuk memastikan perkembangan anak 16 bulan masih normal seperti teman-teman seusianya.
  • Jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauan anak balita.
  • Balita dalam perkembangan anak 16 bulan sudah harus mulai minum memakai cangkir atau sippy cup. Selain susu, anak bisa diberikan jus buah atau air mineral. Hindari soda dan minuman yang terlalu manis.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*